Rabu, 07 November 2018

PraSkrining Perkembangan PEDS (Parents' Evaluation of Developmental Status)

PraSkrining Perkembangan PEDS (Parents' Evaluation of Developmental Status)
 
Disadur o/ dr. Freddy Adiwinata dari buku Pedoman Pelayanan Medis Ikatan Dokter Anak Indonesia jilid 1, 2009
 
Metode skrining: -Cara deteksi dini perkembangan yg: -Mudah
                                                                                         -Cepat
                                                                                         -Sistematik
                                                                                         -Komprehensif
                            -Dilakukan secara: -Informal
                                                           -Formal
 
Kuesioner PraSkrining:
-Untuk kurangi pengeluaran yg tidak perlu, yaitu: -Waktu
                                                                                 -Biaya
-Dilakukan Perawat/ Tenaga medis terlatih
-Diisi oleh orang tua
-Lalu ditentukan: Anak mana yg butuh evaluasi formal
 
PEDS:
-Parents' Evaluation of Developmental Status
-Dikembangkan oleh Glascoe
-Sudah distandarisasi
-Dapat diselesaikan dalam 5'
-Bantu: -Dokter gali keluhan orang tua mengenai gangguan perkembangan perilaku
            -Deteksi pada anak berisiko dan tidak berisiko: Gangguan: -Pertumbuhan
                                                                                                           -Tingkah laku
            -Mengetahui kebutuhan psikososial: -Anak
                                                                       -Keluarganya
             Kebutuhan psikososial seperti: 
                 -Apakah anak perlu: -Evaluasi perkembangan  
                                                   -Pemeriksaan kesehatan mental
                 -Jika "Ya": Pemeriksaan apa?
                 -Haruskah tes skrining perkembangan
                 -Apakah orang tua perlu nasihat/ konseling?  Jika "Ya" dalam hal apa?
                 -Haruskah anak diamati cermat pada setiap kunjungan untuk melihat adanya 
                   masalah yg perlu perhatian segera?
                 -Apakah pemantau dan penilaian yg telah dilakukan tersebut telah memuaskan?
 
Untuk usia: Neonatus - 8tahun
LEBIH bermakna jika diperkenalkan pada orang tua saat usia: 4-6bulan
SEBAIKnya digunakan saat orang tua membawa anaknya pada kunjungan rutin
JIKA orang tua jarang periksakan kesehatan anak, PEDS dapat digunakan saat mereka: 
                                                                                                                               -Berobat
                                                                                                                               -Kontrol
Dianjurkan: Petugas kesehatan menggunakan PEDS minimal 1x/tahun
 
Teknik Pelaksanaan
Bahan: -Buku panduan pelaksanaan
            -Lembar pertanyaan
            -Lembar penilaian
            -Lembar interpretasi
Lembar pertanyaan untuk kumpulkan informasi dari orang tua
Lembar penilaian dan lembar interpretasi dicetak pada 1 lembar bolak-balik yg digunakan oleh Petugas/ Peneliti
 
Teknik Pelaksanaan (Petunjuk Pengisian dan Penilaian)
Langkah 1: Mempersiapkan orangtua
-Jelaskan tujuan pelaksaan PEDS: Tahu perkembangan & tingkah laku anak
-Tanya, "Mau diisi sendiri atau dibantu?"
 
Langkah 2: Mengisi kolom nilai PEDS sesuai umur
-Jika orang tua selesai mengisi dan mengembalikannya.
-Ambil lembar tersebut dan isi pada lembar penilaian sesuai dengan umur anak
 
Langkah 3: Tandai kotak pada lembar penilaian untuk setiap jawaban pada pertanyaan no 1
-"Dahulu saya khawatir terhadap anak saya tetapi saat ini saya lihat dia dapat melakukan lebih baik", tandai ini sebagai perhatian pada jenis perkembangan yg dimaksud
-Sama halnya jika orang tua melaporkan bahwa mereka hanya 'sedikit' memperhatikan anaknya mengalami gangguan/ kelainan, hal itu juga harus ditandai sebagai adanya perhatian terhadapa kelainan yg terjadi pada anaknya
 
Langkah 4: Tandai kotak pada lembar penilaian untuk setiap jawaban atau perhatian orangtua pada pertanyaan 2-10
-"Ya" ATAU "Sedikit", tandai sesuai dengan kotak pada lembar penilaian PEDS
-JIKA orang tua tidak menulis apa pun kecuali melingkari, lakukan pemeriksaan ulang dengan mengisi ulang lember PEDS dengan wawancara atau tanya jawab
 
Langkah 5: Jumlahkan hasil penilaian
-Kotak kecil abu-abu: Perhatian bermakna (Risiko gangguan perkembangan)
  Hitung & tulis jumlahnya pada kotak besar abu-abu
-Kotak kecil putih: Perhatian tidak bermakna, tidak menunjukkan kemungkinan kelainan
  Hitung & tulis jumlahnya pada kotak besar putih
 
Langkah 6: Tentukan langkah sesuai pada lembar interpretasi
-Nilai PEDS menunjukkan 1 di antara 5 penafsiran
-Cara ini merupakan langkah TERAKURAT menjawab setiap bentuk hasil PEDS
 
Langkah A:
-Kotak besar bernilai >2
-70% mempunyai Ketidakmampuan atau Keterlambatan
 
Langkah B:
-Kotak besar bernilai 1
-30% mempunyai Ketidakmampuan atau Keterlambatan
-Skrining tambahan untuk menerangkan mana yg perlu rujukan/ tidak
-Gagal skrining seharusnya dikirim untuk pemeriksaan berikut
 
Langkah C:
-Di luar kotak besar bernilai 1
-ATAU nilai kotak bernilai 0
-7% alami: -Keterlambatan
                   -ATAU Gangguan perkembangan
-11% alami: -Gangguan: -Tingkah laku
                                        -Emosi
-Respon TERBAIK: -Perhatian dari orangtua terhadap tingkah laku
                                  -Pantau perkembangan anak secara terus-menerus
-JIKA konseling tidak berhasil: 
                                   -Periksa kembali setelah beberapa minggu
                                   -Skrining tingkah laku
                                   -Masalah emosi: Rujuk psikiater/ psikolog untuk konsultasi keluarga
 
Langkah D:
-Kedua kotak besar bernilai 0
-TAPI orangtua sulit komunikasi karena: 
                              -Bahasa            
                              -Kurang akrab dengan anak (Anggota keluarga lain yg mengasuh anak)
                              -Mental orangtua
-30% bermasalah Ketidakmampuan ATAU Keterlambatan
-Perlu peningkatan perkembangan dan tindak lanjut
 
Langkah E:
-Kotak besar bernilai 0
-TAPI orangtua berkomunikasi baik
-HANYA 50% dari kelompok ini mempunyai Keterlambatan atau Ketidakmampuan
-UMUMnya HANYA perlu pemantauan rutin pada kunjungan: 
                                        -Sehat
                                        -Anak sakit
                                        -Ulang JIKA keluarganya tidak datang pada saat kunjungan sehat
 
JIKA orangtua tidak perhatikan adanya kelainan TAPI klinis mengarah masalah, ikuti langkah A ATAU B
 
BILA ditemukan jawaban pada kotak abu-abu (signifikan) >1, lakukan: -Skrining
                                                                                                                    -Intervensi
BILA tidak ditemukan jawaban pada kotak abu-abu (signifikan) TAPI didapat jawaban pada kotak putih, lakukan: -Stimulasi                                                                                                                                -Pemantauan rutin
 
Langkah 7: Lengkapi lembar penilaian
-Di sebelah kanan dari lembar penilaian PEDS terdapat kolom untuk menulis: 
                                                                                                  -Keputusan spesifik
                                                                                                  -Rujukan
                                                                                                  -Hasil tes skrining tambahan
                                                                                                  -Topik konseling
                                                                                                  -Rencana selanjutnya, dll
-Lembar ini dapat untuk pantau pasien
 
Beberapa hal lain mengenai PEDS
Pelaksanaan HANYA perlu 2' untuk isi dan hitung JIKA dibantu tanya jawab
Sensitivitas tinggi dan identifikasi 74-80% kelainan dengan pemeriksaan skrining perkembangan standar
Spesifisitas 70-80% anak tanpa gangguan diidentifikasi perkembangan normal
Ditulis dalam 5 tingkatan dimana HAMPIR SEMUA orangtua dapat membaca dan mengisinya
Mempunyai lembar catatan longitudinal, yg dpt digunakan untuk kegiatan: -Promosi
                                                                                                                         -Pemantauan
Telah distandardisasi
Meningkatkan keyakinan dan membantu buat keputusan akurat mengenai masalah: 
                                                                                                                        -Perkembangan
                                                                                                                        -Tingkah laku
Mudah dikerjakan oleh tenaga: -Profesional
                                                   -Administrasi
Butuh latihan minimal
Dapat dikerjakan sendiri oleh orangtua dimanapun
 

*****dr. Freddy Adiwinata, Baung, Palembang, 7 November 2018*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar