Skrining Perkembangan Denver II
Disadur o/ dr.
Freddy Adiwinata dari buku Pedoman Pelayanan Medis Ikatan Dokter Anak Indonesia
jilid 1, 2009
Perkembangan anak:
-Menggambarkan Peningkatan kematangan fungsi individu
-Indikator
penting menilai kualitas hidup anak
HARUS dipantau
berkala
Risti penyimpangan
perkembangan: -Prematur
-BBLR
-Riwayat asfiksi
-HiperBilirubinemia
-Infeksi IntraPartum
-Ibu DM
-Gemelli, dll
SpA HARUS kuasai
skrining perkembangan dengan metode Denver II
Langkah Persiapan:
Formulir Denver
II
Alat: -Benang
-Kismis
-Kerincingan dengan gagang kecil
-Balok2
berwarna luas 25,4cm
-Botol kaca
kecil dengan lubang 1,7cm
-Bel
kecil
-Bola
tenis
-Pensil
merah
-Boneka
kecil dengan botol susu
-Cangkir
plastik dengan gagang/ pegangan
-Kertas
kosong
Langkah Pelaksanaan:
Deteksi dini
penyimpangan perkembangan anak <6tahun
125 gugus
tugas
Dibagi dalam 4
sektor: -Sosial personal: -Penyesuaian diri dengan Masyarakat
-Perhatian terhadap kebutuhan perorangan
-Fine motor adaptive: -Motor halus adaptif
-Koordinasi mata, tangan: -Memainkan
-Menggunakan benda2 kecil
-Bahasa: -Mendengar
-Mengerti
-Menggunakan bahasa
-Gross motor: -Motor kasar
-Duduk, Jalan, Lompat, Gerakan umum otot besar
Langkah Persiapan:
-Persiapan
tempat
-Persiapan
alat
-Persiapan
formulir
Langkah Pelaksanaan:
-Sapa Ortu/
Pengasuh dan anak dengan ramah
-Jelaskan kepada
Ortu/ Pengasuh: -Tujuan tes perkembangan
-Bukan tes IQ
-Buat komunikasi yg
baik dengan anak
-Hitung umur
anak
-Prematur-kah?
-Tulis tanggal
pemeriksaan di atas garis umur
-Gambar garis
umur
-Lakukan tugas
perkembangan tiap sektor.
Minimal 3 tugas
sebelah kiri umur.
BILA lulus
diteruskan tembus garis umur sampai anak gagal pada 3 tugas perkembangan
Beri skor
penilaian dengan tepat
-Selama penilaian,
tanya Ortu/ Pengasuh tentang perilaku khas anak
Langkah mengambil kesimpulan:
-Simpulkan
-Jelaskan
-Berterimakasih
-Salam
perpisahan
Skor Penilaian:
Skor TIAP ujicoba
ditulis pada kotak segi empat
Uji coba dekat
tanda garis 50%
P: -Pass/
Lewat
-Anak melakukan
ujicoba dengan baik
-ATAU Ibu/
Pengasuh memberi laporan
(Tepat/ Dapat
dipercaya bahwa anak dapat melakukannya)
F: -Fail/
Gagal
-Anak tidak
dapat melakukan ujicoba dengan baik
-Laporan Ibu/
Pengasuh bahwa anak tidak dapat melakukannya dengan baik
No: -No
opportunity
-Anak tidak
punya kesempatan untuk uji coba karena ada hambatan
-HANYA boleh
pada ujicoba dengan tanda R
R: -Refusal/
Menolak
-Anak menolak
melakukan ujicoba
Penolakan
dapat dikurangi dengan mengatakan kepada anak "Apa yg harus dilakukan"
Jika tidak
menanyakan kepada anak apakah dapat melakukanya
(Uji coba yg
dilaporkan oleh Ibu/ Pengasuh anak tidak diskor sebagai penolakan)
Interpretasi
Penilaian Individual:
-Lebih (Advanced):
-Lewat uji coba di kanan dari garis umur
-Dinyatakan perkembangan anak LEBIH pada uji coba tersebut
-Normal: Gagal/
Tolak ujicoba di kanan garis umur
-Caution/
peringatan: Gagal/ Tolak ujicoba, garis umur terletak pada ATAU antara p75 dan
p90
-Delayed/
keterlambatan: Gagal/ Tolak ujicoba di kiri garis umur
-Opportunity: Tidak
ada kesempatan ujicoba yg dilaporkan Ortu
Interpretasi Denver II
Normal: -Tidak ada
Keterlambatan
-DAN
ATAU MAKSIMAL 1 Caution
-Ulang
pada kontrol berikut
Suspek:
>1 Keterlambatan
DAN
ATAU >2 Caution
Uji
ulang 1-2minggu untuk hilangkan faktor sesaat: -Rasa takut
-Keadaan sakit
-Kelelahan
Tidak dapat diuji:
-Tolak >1 uji coba di kiri garis umur
-Tolak >1 uji coba yg ditembus garis umur pada daerah P75-P90
Uji ulang dalam
1-2minggu:
-BILA ulangan hasil pemeriksaan didapatkan: -Tidak dapat diuji
-ATAU Suspek
-Rujuk
(Referral consideration)
******dr.
Freddy Adiwinata, Baung, Palembang, 22 November 2018 *********
Tidak ada komentar:
Posting Komentar