Kamis, 22 November 2018

Skrining Perkembangan dengan Diagram Tata Laksana Anak dengan Gangguan Bicara

Skrining Perkembangan dengan Diagram Tata Laksana Anak dengan Gangguan Bicara
 
Disadur o/ dr. Freddy Adiwinata dari buku Pedoman Pelayanan Medis Ikatan Dokter Anak Indonesia jilid 1, 2009
 
 
GPBB (Gangguan Perkembangan Bicara dan Bahasa) merupakan Gangguan Perkembangan yg SERING terjadi pada umur 3-16tahun
50% komorbid dari: -Retardasi Mental
                                 -Gangguan pendengaran
                                 -Kelainan bahasa ekspresif
                                 -Deprivasi psikososial
                                 -Autisme
                                 -Elective mutism
                                 -Afasia reseptif
                                 -Palsi serebral
 
Angka kejadian GBB (Gangguan Bicara Bahasa): 1-32% populasi normal
Rentang lebar karena: -Terminologi masih rancu
                                    -Tergantung umur saat didiagnosis
                                    -Kriteria diagnosis yg berbeda
                                    -Pengamatan perkembangan bahasa oleh Ortu yg kurang baik
                                    -Alat diagnosis yg kurang dapat dipercaya
                                    -Beda metodologi pengumpulan data
 
GBB: -Keterlambatan perkembangan Bicara dan Bahasa dibandingkan anak seumur, jenis 
            kelamin, adat istiadat, kecerdasannya
          -Kesenjangan antara potensi Bicara dengan penampilan anak yg kita observasi
 
Penyebab GBB: Berbagai faktor yg saling pengaruhi: -Lingkungan
                                                                                       -Kemampuan pendengaran
                                                                                       -Kognitif
                                                                                       -Fungsi saraf
                                                                                       -Emosi psikologis
 
Alur skrining dan Tata laksana
A. Anamnesis
-Cakup masalah yg dikemukakan Ortu mengenai perkembangan bahasa anaknya
-Riwayat: -Perkembangan Bahasa dan Kognitif dalam keluarga
                 -Sosial ekonomi
                 -Lingkungan sekitar
                 -Perkembangan pada UMUMnya: -Bahasa
                                                                        -Motorik
                                                                        -Sosial
                                                                        -Kognitif
 
-Faktor risiko: -Penyakit ibu selama hamil
                        -Riwayat perinatal
                        -Penyakit yg pernah sebelumnya
                        -Penggunaan obat-obatan
                        -Riwayat psikososial
-Curiga gangguan tingkah laku BILA bersamaan: -Gangguan Bicara
                                                                                -Gangguan Tingkah Laku
-Awal gangguan autisme: Kesulitan: -Tidur
                                                           -Makan
 Bagaimana bermain dengan temannya, bantu ungkap tabir tingkah laku
 Autisme: -LEBIH senang bermain sendiri dengan huruf balok/ magnetik dalam waktu 
                  lama
                -Kadang bermain dengan anak sebaya TAPI HANYA dalam waktu singkat lalu 
                  menarik diri.
 
B. Pemeriksaan Fisis
-Ungkap penyebab lain dari gangguan bahasa
-Apakah ada: -Mikrosefali
                      -Anomali telinga luar
                      -Otitis media berulang
                      -Sindrom Down
                      -Palsi Serebral
                      -Celah Palatum
                      -Dll
-Verbal Apraksia: Gangguan oromotor: Anak tirukan gerakan: 
                                                                       -Mengunyah
                                                                       -Menjulurkan lidah
                                                                       -Ulang suku kata PA, TA, PA-TA, PA-TA-KA
-Gangguan Tingkah Laku: Amati anak saat bermain alat permainan sesuai umurnya
  Developmental surveillance temukan Red Flag (Kelainan bermakna) GBB
  Misal: -Perlakukan mainan sebagai objek SAJA
             -ATAU HANYA sebagai 1 titik pusat perhatian SAJA
  Ideal: Pemeriksa turut bermain
  Amati anak saat anamnesis dengan Ortu
 
Instrumen penyaring
-Denver II: -Skrining awal
                   -Penyimpangan perkembangan
                   -4 Sektor perkembangan termasuk bahasa
-KHUSUS masalah bahasa: -ELM 2 (Early Language Milestones Scale): 
                                                                  -Cukup sensitif & spesifik
                                                                  -Identifikasi Gangguan Bicara pada usia <3tahun
                                             -Receptive-Expresive Emergent Language Scale
                                             -CAT/ CLAMS (Clinical Adaptive Test/ Clinical Linguistic 
                                               and Auditory Milestones Scale)
 
D. Menemukan penyakit ATAU kelainan yg mendasari
-Anamnesis, PF, Tes Bahasa (Tahap A, B, C), perlu dilanjutkan ke tahap berikutnya (D)
-Harus dicari dan diobati bila terdapat: 
                              -Kelainan: -Neurologik: EEG bila: -Kejang
                                                                                       -Gerakan tidak biasa
                                                -Genetik
                                                -Endokrin
                               -Penyakit metabolik: Contohnya Perkembangan yg alami kemunduran
                               -Masalah mental
                               -Deprivasi sosial
-Anamnesis komprehensif BILA curiga: -Penelantaran
                                                          -Penganiayaan anak
-Laboratorium untuk Diagnosis Banding
-CT atau MRI BILA terdapat: -Gangguan pertumbuhan
                                                 -Mikrosefali
                                                 -Makrosefali
                                                 -Gejala sindrom
-Skrining kromosom fragile-X pada anak laki dengan: -Perkembangan SANGAT lambat
                                                                                        -DAN Autisme
-Pemeriksaan Psikolog/ Neuropsikiater anak BILA ada Gangguan Bahasa dan Tingkah 
  laku
  Liputi: -Riwayat & Tes Bahasa
              -Kemampuan kognitif: Tes Intelegensia
              -Tingkah laku: -Vineland Social Adaptive Scale Revised
                                       -Child Behaviour Checklist
                                       -CARS (Childhood Autism Rating Scale)
  Konsul Psikiater anak BILA Gangguan tingkah laku berat
-Ahli patologi wicara akan evaluasi cara terapi anak dengan gangguan bicara.
  Cek masalah anatomi yg mempengaruhi produksi suara
 
E. Pemeriksaan audiologi
-SEMUA anak dengan: -Gangguan Bahasa HARUS di-tes audiologi untuk tahu ketulisan
                                  -GBB berat: 
                                                -BERA (Brainstem Evoked Response Audiometry)
                                                -OAE (Otoacoustic Emissions)
                                                -Anak yg lebih besar: Pemeriksaan audiometri konvensional
-Tentukan tuli: -Konduksi
                         -ATAU Sensorineural
 
F. Tuli Konduksi
Sebab: -Temporer: Contoh: Otitis Media
             -Permanen: Contoh: -Kelainan anatomi telinga
                                              -Cholesteatoma (Rujuk THT) 
 
G. Tuli Sensorineural
Rujuk ke: -Audiologist
                 -Ahli terapi wicara
Pertimbangkan: -Alat bantu dengar
                          -Latihan komunikasi
 
H. Cari keterlambatan sektor perkembangan lain:
-Motorik, Kognitif, Sosial
-Gangguan sektor perkembangan: -Majemuk (Multiple domain)
                                                       -ATAU Bahasa
 
  Majemuk: -Adakah: -GDD (Global Development Delay)
                                    -RM (Retardasi Mental)
                                    -Autisme
                                    -Deprivasi sosial
                    -BILA GDD, kemungkinan adanya RM
                    -Suspek Autisme: -Gangguan Interaksi sosial dan perilaku
                                                  -DAN gangguan komunikasi
 
  Bahasa SAJA: Tentukan Gangguan Bahasa ATAU Gangguan Bicara
  -Gangguan perkembangan Bahasa
               -Kelompok heterogen Gangguan perkembangan Bahasa Ekspresif DAN Reseptif
               -TANPA etiologi spesifik
               -SANGAT SULIT bedakan:
                                    Late bloomer [Perkembangan bahasa yg masih dalam batas normal]
                                    Gangguan perkembangan bahasa
               -Butuh: Deteksi & Intervensi dini
               -Keterlambatan bahasa ekspresif: Delayed Speech (Terlambat Bicara)
               -Bertambahnya umur: Bertambah masalah bahasa Reseptif: 
                                                                                -Auditory processing disorders
                                                                                -Gangguan auditory short-term memory
               -SERING merupakan faktor keturunan: Keterlambatan ATAU Gangguan Bicara
               -Rujuk: -Program intervensi dini
                             -Ahli terapi wicara
 
  -Gangguan bicara:
    BILA: -Disebabkan: -Gangguan Fonologi
                                      -Verbal apraksia/ Gagap
                -Dirujuk ke ahli terapi wicara
    BILA: Transient dysfluency (Gangguan kelancaran bicara tidak menetap)
                Perlu diobservasi dan kontrol kembali
 
Rujukan
-BILA: Majemuk: Rujuk: SpA Tumbuh Kembang
                              -ATAU Program intervensi dini
                               Rujukan diperlukan untuk: -Intervensi
                                                                           -Pendidikan
                                                                           -Latihan terapi wicara
                           Penting untuk: -GDD
                                                   -Autism
                                                   -Gangguan bicara & bahasa
-Intervensi untuk Optimalkan kemampuan komunikasi yg kelak dapat mempengaruhi 
  kualitas hidup anak
-Pada Deprivasi berat: -Telusuri Riwayat sosial
                                     -Rujukan untuk: -Pelayanan sosial
                                                                -Kesehatan mental
                                                                -Tumbuh kembang
-Tetap surveilans sekalipun pemeriksaan pasien susp GBB hasilnya normal
-Pada keterlambatan/ kelainan bahasa: Pantau terus untuk nilai: -Kelainannya
                                                                                                       -Gangguan di sektor lain
 

******dr. Freddy Adiwinata, Baung, Palembang, 22 November 2018 *********

Tidak ada komentar:

Posting Komentar