Selasa, 20 November 2018

Skrining Gangguan Berbicara dan Kognitif dengan CLAMS (Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale) dan CAT (Cognitive Adaptive Test)

Skrining Gangguan Berbicara dan Kognitif dengan CLAMS (Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale) dan CAT (Cognitive Adaptive Test)
 
Disadur o/ dr. Freddy Adiwinata dari buku Pedoman Pelayanan Medis Ikatan Dokter Anak Indonesia jilid 1, 2009
 
 
Skrining Anak dengan risiko keterlambatan perkembangan untuk tahu: 
              -Adakah Keterlambatan bicara                          
              -Seberapa jauh keterlambatan bicaranya
 
Nilai kemampuan kognitif dengan nilai kemampuan: -Bicara
                                                                                     -Bahasa
Metodenya: Capute Scale: -Sampai umur 3tahun: -1-12bulan (interval 1bulan)
                                                                                -14, 16, 18, 21, 24, 30, 36bulan            
                                           -Terdiri dari: -CLAMS: Skrining gangguan bicara
                                                                -CAT: Nilai kemampuan kognitif
                                       
CLAMS:
-Nilai kemampuan bahasa: -Ekspresif: Ditanyakan kepada Ortu/ Pengasuh
                                            -Reseptif: 
                                              Dinilai dari: 
                                                       -Keterangan Ortu
                                                        -Kemampuan yg ditunjukkan anak di depan pemeriksa
-43 milestones: -Ekspresif: 26
                          -Reseptif: 17
                          -11 HARUS dilakukan anak
                          -Tiap tingkat umur: 1-4 milestones yg harus ditanyakan/diujikan

CAT:
-Nilai kemampuan Visual Motor (Salah satu indikator kemampuan Kognitif anak)
-57 milestones: Setiap tingkat umur: 1-4 milestones
 
Alat:
-Blangko penilaian CLAMS CAT
-Cincin merah dengan tali
-Kartu bergambar
-Kubus
-Cangkir
-Gelas/ mangkok
-Pegboard
-Lonceng
 
Cara:
-CAT = CLAMPS, HANYA berbeda dalam milestones
-Tempat tenang
-Posisi: 
          -Ortu duduk disamping anak: Tidak membantu/ mencampuri anak saat dilakukan uji
          -Usia <1tahun, dipangku Ortu
          -Bayi & anak HARUS didudukkan di depan meja dengan siku lebih tinggi dari 
            permukaan meja sehingga bayi dan anak dapat jangkau benda-benda didepannya.
           -Pemeriksa duduk dihadapan bayi dan anak.
-Isi semua kolom dalam blangko
-Tanggal lahir/ umur kronologis: >15hari dibulatkan ke umur lebih tua
                                                     <15hari ke umur lebih muda
-Lihat pada blangko, milestone yg sesuai dengan umur anak tersebut:   
                                                                            *: Dilakukan anak
                                                                          **: Contoh pemeriksa lalu ditiru anak
-Uji semua milestone umur tersebut: 
                 -BILA ada milestone yg tidak bisa dilakukan, lanjutkan pada umur lebih muda
                 -Sampai pada umur semua milestones dapat dilakukan
                 -Usia Basal: Umur TERMUDA semua milestones bisa dilakukan
-Lanjut lakukan milestones pada umur lebih tua dari usia sekarang:
            -BILA ada sebagian milestone masih bisa dilakukan, lanjutkan ke umur berikut
            -Sampai pada umur semua milestones tidak dapat dilakukan
            -Usia Ceiling: Umur TERTUA 1 milestone masih bisa dilakukan
-Hitung usia Ekuivalen CAT CLAMS:
            -SEMUA milestones yg dapat dilakukan, diberi nilai sesuai angka yg ada di 
              sebelah kotak masing-masing
            -Jumlahkan SEMUA nilai
            -Usia Ekuivalen = Usia Basal + SEMUA nilai milestones yg dikerjakan
-Hitung DQ (Developmental Quotient/ umur perkembangan)
            -DQ CAT = umur Ekuivalen CAT/ umur Kronologis x 100
            -DQ CLAMS = umur Ekuivalen CLAMS/ umur Kronologis x 100
-Hitung Capute Scale Score (Full Scale DQ) FSDQ = (DQ CAT + DQ CLAMS)/ 2
 
Interpretasi hasil CAT dan CLAMS
-DQ CAT DAN ATAU CLAMS >85 = UMUMnya normal
-DQ CAT ATAU CLAMS 75-85 = Suspek Gangguan Perkembangan
-DQ CAT >85 TAPI CLAMS <75 = Gangguan komunikasi
-DQ CAT dan CLAMS <75 = Suspek Retardasi Mental
 

 
******dr. Freddy Adiwinata, Baung, Palembang, 20 November 2018 *********

Tidak ada komentar:

Posting Komentar