Skrining Gangguan Berbicara dan Kognitif dengan CLAMS
(Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale) dan CAT (Cognitive Adaptive
Test)
Disadur o/ dr.
Freddy Adiwinata dari buku Pedoman Pelayanan Medis Ikatan Dokter Anak Indonesia
jilid 1, 2009
Skrining Anak
dengan risiko keterlambatan perkembangan untuk tahu:
-Adakah Keterlambatan
bicara
-Seberapa jauh keterlambatan bicaranya
Nilai kemampuan
kognitif dengan nilai kemampuan: -Bicara
-Bahasa
Metodenya: Capute
Scale: -Sampai umur 3tahun: -1-12bulan (interval 1bulan)
-14, 16, 18, 21, 24, 30, 36bulan
-Terdiri dari: -CLAMS: Skrining gangguan bicara
-CAT: Nilai kemampuan kognitif
CLAMS:
-Nilai kemampuan
bahasa: -Ekspresif: Ditanyakan kepada Ortu/ Pengasuh
-Reseptif:
Dinilai dari:
-Keterangan Ortu
-Kemampuan yg ditunjukkan anak di depan pemeriksa
-43 milestones:
-Ekspresif: 26
-Reseptif: 17
-11 HARUS dilakukan anak
-Tiap tingkat umur: 1-4 milestones yg harus ditanyakan/diujikan
CAT:
-Nilai kemampuan
Visual Motor (Salah satu indikator kemampuan Kognitif anak)
-57 milestones:
Setiap tingkat umur: 1-4 milestones
Alat:
-Blangko penilaian
CLAMS CAT
-Cincin merah
dengan tali
-Kartu
bergambar
-Kubus
-Cangkir
-Gelas/
mangkok
-Pegboard
-Lonceng
Cara:
-CAT = CLAMPS,
HANYA berbeda dalam milestones
-Tempat
tenang
-Posisi:
-Ortu
duduk disamping anak: Tidak membantu/ mencampuri anak saat dilakukan uji
-Usia
<1tahun, dipangku Ortu
-Bayi
& anak HARUS didudukkan di depan meja dengan siku lebih tinggi dari
permukaan meja sehingga bayi dan anak dapat jangkau benda-benda didepannya.
-Pemeriksa duduk dihadapan bayi dan anak.
-Isi semua kolom
dalam blangko
-Tanggal lahir/
umur kronologis: >15hari dibulatkan ke umur lebih tua
<15hari ke umur lebih muda
-Lihat pada
blangko, milestone yg sesuai dengan umur anak tersebut:
*: Dilakukan anak
**: Contoh pemeriksa lalu ditiru anak
-Uji semua
milestone umur tersebut:
-BILA ada milestone yg tidak bisa dilakukan, lanjutkan
pada umur lebih muda
-Sampai
pada umur semua milestones dapat dilakukan
-Usia Basal: Umur TERMUDA semua milestones bisa dilakukan
-Lanjut lakukan
milestones pada umur lebih tua dari usia sekarang:
-BILA
ada sebagian milestone masih bisa dilakukan, lanjutkan ke umur berikut
-Sampai
pada umur semua milestones tidak dapat dilakukan
-Usia
Ceiling: Umur TERTUA 1 milestone masih bisa dilakukan
-Hitung usia
Ekuivalen CAT CLAMS:
-SEMUA
milestones yg dapat dilakukan, diberi nilai sesuai angka yg ada di
sebelah kotak
masing-masing
-Jumlahkan SEMUA nilai
-Usia
Ekuivalen = Usia Basal + SEMUA nilai milestones yg dikerjakan
-Hitung DQ
(Developmental Quotient/ umur perkembangan)
-DQ CAT
= umur Ekuivalen CAT/ umur Kronologis x 100
-DQ
CLAMS = umur Ekuivalen CLAMS/ umur Kronologis x 100
-Hitung Capute
Scale Score (Full Scale DQ) FSDQ = (DQ CAT + DQ CLAMS)/ 2
Interpretasi
hasil CAT dan CLAMS
-DQ CAT DAN
ATAU CLAMS >85 = UMUMnya normal
-DQ CAT ATAU CLAMS
75-85 = Suspek Gangguan Perkembangan
-DQ CAT >85 TAPI
CLAMS <75 = Gangguan komunikasi
-DQ CAT dan CLAMS
<75 = Suspek Retardasi Mental
******dr.
Freddy Adiwinata, Baung, Palembang, 20 November 2018 *********
Tidak ada komentar:
Posting Komentar